Wisata Kuliner Jogja yang Terkenal

Selamat datang di Jogja, kota yang terkenal dengan kekayaan kuliner yang lezat dan unik. Jogja tidak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya yang memukau, tetapi juga dengan aneka makanan yang menggoda selera. Dari nasi gudeg yang legendaris hingga kopi joss yang unik, Jogja menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Pada artikel ini, kami akan membahas 25 kuliner Jogja yang sangat terkenal dan layak untuk dicoba. Jadi, siapkah kalian menjelajahi dunia kuliner Jogja yang memikat?

1. Nasi Gudeg

Nasi gudeg merupakan salah satu makanan ikonik Jogja yang terdiri dari nasi yang disajikan dengan lauk gudeg, ayam kampung, telur, dan sambal krecek. Gudeg sendiri adalah makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dalam santan kelapa dengan berbagai rempah-rempah.

Nasi gudeg menjadi salah satu kuliner paling terkenal di Jogja karena memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang unik. Gudeg yang dimasak dalam waktu yang lama menghasilkan cita rasa yang kaya dan legit. Selain itu, nasi gudeg juga memiliki keunikan dalam penyajiannya dengan menggunakan daun pisang sebagai alas nasi.

Untuk membuat nasi gudeg yang lezat, pertama-tama, siapkan bahan-bahan seperti nangka muda, santan kelapa, bumbu-bumbu seperti lengkuas, daun salam, garam, dan gula merah. Kemudian, rebus nangka muda dalam santan kelapa dengan bumbu-bumbu tersebut hingga matang dan bumbu meresap. Selanjutnya, hidangkan nasi gudeg dengan lauk-pauk seperti ayam kampung, telur, dan sambal krecek.

Rekomendasi tempat makan nasi gudeg yang terkenal di Jogja

  • Gudeg Yu Djum: Jl. Kaliurang No. 91, Sleman, Jogja.
  • Gudeg Sagan: Jl. Prof. Dr. Herman Yohanes No. 30, Jogja.
  • Gudeg Pawon: Jl. Janturan UH/III No.52, Kota Baru, Jogja.

2. Bakmi Jawa

Bakmi Jawa menjadi favorit di Jogja karena memiliki cita rasa yang khas dan unik. Bakmi Jawa terbuat dari mie kuning yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah, kemudian disajikan dengan potongan daging ayam, tahu goreng, dan sayuran segar.

Rasa bakmi Jawa memiliki sentuhan gurih dan sedikit manis. Mie kuning yang kenyal dipadukan dengan daging ayam yang lembut dan kuah yang kental memberikan sensasi kenikmatan tersendiri. Keunikan bakmi Jawa terletak pada bumbu kacang yang ditambahkan sebagai pelengkap, memberikan rasa yang lebih kaya.

Di mana dapat menemukan bakmi Jawa yang terbaik di Jogja?

  • Bakmi Jawa Mbah Gito: Jl. Wongsodirjan No. 6, Jogja.
  • Bakmi Pak Pele: Jl. Kaliurang No. 29, Jogja.
  • Bakmi Jawa Mbah Hadi: Jl. Palagan Tentara Pelajar No. 177, Jogja.

3. Gudeg Mercon

Gudeg mercon adalah varian nasi gudeg yang memiliki tingkat kepedasan yang lebih tinggi. Gudeg mercon disebut demikian karena biasanya diberi sambal mercon yang sangat pedas.

Gudeg mercon begitu terkenal di Jogja karena memberikan pengalaman yang berbeda bagi pecinta makanan pedas. Rasa pedas sambal mercon yang melekat pada gudeg memberikan sensasi yang unik dan menggugah selera.

Rekomendasi warung gudeg mercon yang populer di Jogja

  • Gudeg Pawon Bu Lies: Jl. Janturan UH/III No.52, Kota Baru, Jogja.
  • Gudeg Bu Tjitro: Jl. Kaliurang No. 16, Jogja.
  • Gudeg Yu Djum: Jl. Kaliurang No. 91, Sleman, Jogja.

4. Sate Klathak

Sate klathak adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis, kemudian ditusuk dan dipanggang menggunakan arang. Proses pemanggangan dengan arang memberikan aroma dan cita rasa yang khas pada sate klathak.

Sate klathak menjadi ikonik di Jogja karena cara pembuatannya yang tradisional dan cita rasanya yang lezat. Penggunaan arang dalam proses pemanggangan memberikan rasa yang khas dan aroma yang menggugah selera.

Di mana bisa menikmati sate klathak yang enak di Jogja?

  • Sate Klathak Pak Pong: Jl. Bantul No. 6, Jogja.
  • Sate Klathak Pak Jeje: Jl. Kaliurang No. 43, Jogja.
  • Sate Klathak Mbah Satinem: Jl. Kaliurang KM 6,5, Jogja.

5. Wedang Ronde

Wedang ronde adalah minuman tradisional khas Jogja yang terbuat dari bola-bola ketan yang diisi dengan kacang hijau yang sudah direbus, kemudian disajikan dengan kuah jahe hangat.

Wedang ronde begitu populer di Jogja, terutama di malam hari, karena memberikan sensasi kehangatan dan kenikmatan di musim yang dingin. Minuman ini juga memiliki cita rasa yang manis dan aroma jahe yang khas.

Rekomendasi tempat minum wedang ronde yang terkenal di Jogja

  • Wedang Ronde Mbah Gito: Jl. Wongsodirjan No. 6, Jogja.
  • Wedang Ronde Pak Pele: Jl. Kaliurang No. 29, Jogja.
  • Wedang Ronde Mbah Payem: Jl. Surati No. 14, Jogja.

6. Gudeg Pawon

Gudeg pawon adalah gudeg yang dimasak menggunakan cara tradisional dalam periuk tanah liat atau pawon. Proses memasak dengan pawon memberikan rasa dan aroma yang khas pada gudeg.

Gudeg pawon begitu terkenal di Jogja karena rasa gudeg yang dihasilkan sangat lezat dan autentik. Proses memasak dengan pawon yang menggunakan bahan-bahan alami menghasilkan cita rasa yang istimewa dan menggugah selera.

Di mana bisa menemukan gudeg pawon yang autentik di Jogja?

  • Gudeg Pawon Bu Lies: Jl. Janturan UH/III No.52, Kota Baru, Jogja.
  • Gudeg Pawon Bu Hj. Amad: Jl. HOS Cokroaminoto No. 29, Jogja.
  • Gudeg Pawon Mbah Gandes: Jl. Tamansiswa No. 89, Jogja.

7. Bakpia Pathok

Bakpia pathok adalah jajanan khas Jogja berupa kue dengan kulit yang tipis dan isian berbagai varian seperti kacang hijau, cokelat, keju, dan green tea. Bakpia pathok biasanya dikemas dalam kotak kecil dan menjadi oleh-oleh favorit para wisatawan.

Bakpia pathok begitu terkenal sebagai oleh-oleh khas Jogja karena memiliki rasa yang lezat, tekstur yang lembut, dan berbagai varian isian yang menggugah selera. Kue ini juga tahan lama sehingga cocok sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Rekomendasi toko bakpia pathok yang terkenal di Jogja

  • Bakpia Pathok 25: Jl. Aip. Ks. Tubun No. 25, Jogja.
  • Bakpia Pathok 75: Jl. Kaliurang No. 75, Jogja.
  • Bakpia Pathok Mawar: Jl. Affandi No. 6, Jogja.

8. Sate Buntel

Sate buntel adalah sate yang terbuat dari daging sapi cincang yang dibumbui, kemudian dibalut dengan lemak sapi sebelum dipanggang. Hal ini membuat sate buntel memiliki rasa yang gurih dan lezat.

Sate buntel menjadi favorit di Jogja karena kombinasi daging sapi cincang yang lezat dengan lemak sapi yang menambah kelezatan rasa. Proses pemanggangan dengan api arang juga memberikan aroma yang khas pada sate buntel.

Di mana bisa menikmati sate buntel yang lezat di Jogja?

  • Sate Buntel Pak Randi: Jl. Mrican Baru No. 21, Jogja.
  • Sate Buntel Pak Pong: Jl. Bantul No. 6, Jogja.
  • Sate Buntel Mbah Jito: Jl. Dagen No. 42, Jogja.

9. Kopi Joss

Kopi joss adalah minuman khas Jogja yang terbuat dari kopi hitam yang ditambahkan dengan satu butir arang panas. Proses penambahan arang panas ini menghasilkan suara ‘joss’ yang khas dan memberikan sentuhan unik pada kopi.

Kopi joss sangat terkenal di Jogja karena memberikan pengalaman minum kopi yang berbeda. Rasa kopi yang kaya dipadu dengan aroma dan sensasi dari arang panas memberikan kenikmatan tersendiri bagi para pecinta kopi.

Rekomendasi warung kopi joss yang wajib dikunjungi di Jogja

  • Warung Kopi Joss Pak Agus: Jl. Jembatan Merah No. 1A, Jogja.
  • Warung Kopi Joss Pak Lurah: Jl. Wongsodirjan No. 42, Jogja.
  • Warung Kopi Joss Bu Djuminten: Jl. Kaliurang No. 91, Sleman, Jogja.

10. Bakso Klenger

Bakso klenger adalah varian bakso yang terbuat dari daging sapi cincang yang dibungkus dengan kulit pangsit. Bakso klenger biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan mie sebagai pelengkap.

Bakso klenger begitu populer di Jogja karena memberikan sensasi unik saat menggigit bakso yang memiliki tekstur kenyal dari kulit pangsit dan daging sapi yang lezat di dalamnya. Rasa kaldu yang gurih juga menjadi daya tarik tersendiri.

Di mana bisa menemukan bakso klenger yang lezat di Jogja?

  • Bakso Klenger Pak Karso: Jl. Selokan Mataram No. 6, Jogja.
  • Bakso Klenger Mbah Harjo: Jl. Kaliurang No. 43, Jogja.
  • Bakso Klenger Bu Dermi: Jl. Gondomanan No. 22, Jogja.

11. Angkringan

Angkringan adalah warung makan khas Jogja yang menyajikan aneka makanan dan minuman tradisional dengan harga terjangkau. Biasanya, makanan diangkringan disajikan dalam piring kecil atau daun pisang dan bisa dinikmati sambil bersantai di kursi bambu.

Angkringan menjadi tempat favorit untuk makan malam di Jogja karena suasana yang nyaman dan santai. Di sini, kalian dapat menikmati berbagai hidangan tradisional seperti nasi kucing, sate usus, gorengan, dan wedang bajigur dengan harga yang terjangkau.

Rekomendasi angkringan yang terkenal di Jogja

  • Angkringan Lik Man: Jl. Malioboro, Jogja.
  • Angkringan Joss: Jl. Imogiri Timur, Jogja.
  • Angkringan Mbah Cemplung: Jl. Kaliurang KM 5, Jogja.

12. Gatot

Gatot adalah makanan tradisional khas Jogja yang terbuat dari ketan yang dikukus hingga matang. Gatot biasanya disajikan dengan serundeng kelapa yang gurih dan diberi kuah gula merah di atasnya.

Gatot menjadi kuliner yang terkenal di Jogja karena tekstur ketan yang kenyal dan rasa gurih dari serundeng kelapa yang menggugah selera. Kombinasi antara manisnya gula merah dan gurihnya serundeng membuat gatot menjadi makanan yang mengenyangkan dan lezat.

Di mana bisa mencicipi gatot yang enak di Jogja?

  • Warung Gatot Bu Gono: Jl. Kaliurang KM 8,5, Jogja.
  • Warung Gatot Mbah Marto: Jl. Prawirotaman No. 15, Jogja.
  • Warung Gatot Bu Ageng: Jl. Magelang KM 6, Jogja.

13. Nasi Kucing

Nasi kucing adalah hidangan kecil yang terdiri dari nasi putih yang dikompress menjadi ukuran kecil, kemudian disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam suwir, sambal, ikan teri, dan telur pindang. Nasi kucing biasanya dijual dalam porsi kecil dan dapat dinikmati sebagai camilan atau makanan ringan.

Nasi kucing sangat populer di Jogja karena memberikan variasi dalam menyantap nasi. Dengan porsi yang kecil, kalian dapat mencicipi berbagai lauk-pauk yang lezat dan beragam, serta menikmati cita rasa yang khas dari makanan tradisional Jogja.

Rekomendasi tempat makan nasi kucing yang terkenal di Jogja

  • Nasi Kucing Kebon Sastro: Jl. Wongsodirjan No. 6, Jogja.
  • Nasi Kucing Jogja Ndablek: Jl. Kaliurang KM 6, Jogja.
  • Nasi Kucing Mbah Marto: Jl. Prawirotaman No. 15, Jogja.

14. Jadah Tempe

Jadah tempe adalah makanan tradisional Jogja yang terbuat dari ketan hitam yang dikukus, kemudian disajikan dengan lauk tempe yang digoreng dan bumbu kacang yang khas. Jadah tempe biasanya dihidangkan dalam bentuk kerucut dari daun pisang.

Jadah tempe menjadi kuliner yang terkenal di Jogja karena kombinasi antara ketan hitam yang kenyal dengan tempe yang digoreng garing dan bumbu kacang yang gurih. Rasa dan teksturnya yang unik membuatnya menjadi hidangan yang digemari oleh banyak orang.

Di mana bisa menemukan jadah tempe yang lezat di Jogja?

  • Jadah Tempe Pak Tuhu: Jl. Kaliurang KM 8, Jogja.
  • Jadah Tempe Bu Kuncoro: Jl. Prawirotaman No. 15, Jogja.
  • Jadah Tempe Mbah Marto: Jl. Magelang KM 6, Jogja.

15. Bakso Seniman

Bakso seniman adalah varian bakso yang diberi bentuk unik seperti gambar, kata-kata, atau karakter. Biasanya, bakso seniman terbuat dari daging sapi yang kenyal dan disajikan dengan kuah kaldu yang gurih.

Bakso seniman menjadi unik di Jogja karena memberikan pengalaman yang menyenangkan dan kreatif saat menyantap bakso. Bentuk-bentuk yang unik dan kreatif pada bakso seniman menambah keseruan saat menikmati hidangan ini.

Rekomendasi tempat makan bakso seniman yang terkenal di Jogja

  • Bakso Seniman Pak Boby: Jl. Wongsodirjan No. 6, Jogja.
  • Bakso Seniman Mbah Marto: Jl. Magelang KM 6, Jogja.
  • Bakso Seniman Bu Lurah: Jl. Kaliurang No. 43, Jogja.

16. Geplak

Geplak adalah jajanan tradisional Jogja yang terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan gula merah dan bumbu rempah, kemudian dibentuk menjadi bulatan kecil. Geplak memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis.

Geplak menjadi jajanan tradisional yang populer di Jogja karena memiliki cita rasa manis yang lezat dan tekstur yang kenyal. Kombinasi antara kelapa parut yang lembut dan gula merah yang legit membuat geplak menjadi camilan yang disukai oleh banyak orang.

Di mana bisa mencicipi geplak yang lezat di Jogja?

  • Geplak Mbah Marto: Jl. Magelang KM 6, Jogja.
  • Geplak Pak Tuhu: Jl. Kaliurang KM 8, Jogja.
  • Geplak Mbah Payem: Jl. Surati No. 14, Jogja.

17. Kipo

Kipo adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari daun singkong yang diisi dengan campuran kelapa parut, gula kelapa, dan air kapur sirih. Kipo memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis.

Kipo menjadi oleh-oleh khas Jogja yang terkenal karena memiliki cita rasa yang khas dan tekstur yang unik. Kombinasi antara daun singkong yang kenyal, kelapa parut yang lembut, dan gula kelapa yang manis menjadikan kipo sebagai makanan yang cocok sebagai oleh-oleh dari Jogja.

Rekomendasi tempat membeli kipo yang enak di Jogja

  • Kipo Ndalem Pakem: Jl. Kaliurang KM 10, Jogja.
  • Kipo Pak Manto: Jl. Magelang KM 6, Jogja.
  • Kipo Mbah Marto: Jl. Prawirotaman No. 15, Jogja.

18. Nasi Langgi

Nasi langgi adalah hidangan khas Jogja yang terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai lauk-pauk seperti ayam suwir, tempe goreng, telur pindang, sambal, dan lalapan. Nasi langgi biasanya disajikan dengan porsi yang besar.

Nasi langgi begitu populer di Jogja karena memberikan pengalaman makan yang lengkap dengan berbagai lauk-pauk yang lezat. Porsi yang besar membuat nasi langgi menjadi makanan yang cocok untuk bersantap bersama keluarga atau teman-teman.

Di mana bisa menikmati nasi langgi yang lezat di Jogja?

  • Nasi Langgi Mbah Cemplung: Jl. Kaliurang KM 5, Jogja.
  • Nasi Langgi Bu Ageng: Jl. Magelang KM 6, Jogja.
  • Nasi Langgi Pak Tuhu: Jl. Kaliurang KM 8, Jogja.

19. Sate Karang

Sate karang adalah makanan khas Jogja berupa sate ayam atau sate kambing yang dibalut dengan bumbu kacang, kemudian ditaburi dengan serundeng kelapa. Sate karang biasanya disajikan dalam porsi kecil dan ditusuk menggunakan tusuk sate.

Sate karang menjadi favorit di Jogja karena kombinasi antara daging ayam atau kambing yang lezat dengan bumbu kacang yang gurih dan serundeng kelapa yang memberikan rasa renyah. Proses pemanggangan menggunakan arang juga memberikan aroma yang khas pada sate karang.

Rekomendasi tempat makan sate karang yang terkenal di Jogja

  • Sate Karang Mbah Marto: Jl. Magelang KM 6, Jogja.
  • Sate Karang Bu Lurah: Jl. Kaliurang No. 43, Jogja.
  • Sate Karang Pak Boby: Jl. Wongsodirjan No. 6, Jogja.

20. Kue Putu

Kue putu adalah jajanan manis khas Jogja yang terbuat dari campuran tepung beras dan gula merah yang dimasukkan ke dalam cetakan bambu, kemudian dikukus hingga matang. Kue putu memiliki bentuk silindris dengan lapisan daun pisang di bagian luarnya.

Kue putu menjadi makanan manis yang terkenal di Jogja karena rasa gula merah yang manis dan aroma daun pisang yang khas. Tekstur kue putu yang lembut dan sensasi gula merah meleleh di dalamnya membuatnya menjadi camilan yang disukai oleh banyak orang.

Di mana bisa menemukan kue putu yang enak di Jogja?

  • Kue Putu Pak Pong: Jl. Bantul No. 6, Jogja.
  • Kue Putu Mbah Marto: Jl. Magelang KM 6, Jogja.
  • Kue Putu Mbah Jito: Jl. Dagen No. 42, Jogja.

21. Gudeg Bu Tjitro

Gudeg Bu Tjitro adalah salah satu jenis gudeg yang terkenal di Jogja. Gudeg Bu Tjitro memiliki ciri khas dengan rasa yang manis dan tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan gudeg lainnya.

Gudeg Bu Tjitro sangat terkenal di Jogja karena memiliki cita rasa yang khas dan unik. Proses memasak yang mengutamakan perpaduan rempah-rempah dan bahan-bahan berkualitas memberikan rasa yang lezat dan tekstur gudeg yang lembut.

Di mana bisa mencicipi gudeg Bu Tjitro yang lezat di Jogja?

  • Gudeg Bu Tjitro Malioboro: Jl. Malioboro No. 16, Jogja.
  • Gudeg Bu Tjitro Jl. Gejayan: Jl. Gejayan No. 14, Jogja.
  • Gudeg Bu Tjitro Seturan: Jl. Raya Seturan No. 25, Jogja.

22. Mie Ayam Tumini

Mie ayam tumini adalah hidangan mie ayam khas Jogja yang terdiri dari mie kuning yang dimasak dengan kaldu ayam, kemudian disajikan dengan daging ayam suwir, pangsit, sayuran, dan bawang goreng sebagai toppingnya. Mie ayam tumini biasanya disajikan dengan kuah panas di dalam mangkuk terpisah.

Mie ayam tumini begitu terkenal di Jogja karena rasa mie yang kenyal, kuah ayam yang gurih, dan kombinasi bahan-bahan lain yang menghasilkan hidangan yang lezat dan mengenyangkan. Mie ayam tumini menjadi pilihan favorit bagi pecinta mie ayam di Jogja.

Rekomendasi tempat makan mie ayam tumini yang terkenal di Jogja

  • Mie Ayam Tumini Timoho: Jl. Timoho No. 55, Jogja.
  • Mie Ayam Tumini Gowongan: Jl. Gowongan Kidul No. 7, Jogja.
  • Mie Ayam Tumini Bantul: Jl. Parangtritis No. 73, Jogja.

23. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Soto ayam Lamongan Cak Har adalah varian soto ayam yang terkenal di Jogja. Soto ayam Lamongan Cak Har memiliki kuah soto yang gurih dengan perpaduan bumbu rempah yang khas, serta daging ayam yang lembut dan berbagai pelengkap seperti suwiran ayam, telur, tauge, dan daun seledri.

Soto ayam Lamongan Cak Har begitu populer di Jogja karena memberikan cita rasa soto yang autentik dan khas. Kuah soto yang gurih dan bumbu rempah yang meresap pada daging ayam membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang.

Di mana bisa menikmati soto ayam Lamongan Cak Har yang lezat di Jogja?

  • Soto Ayam Lamongan Cak Har Jl. Parangtritis: Jl. Parangtritis No. 87, Jogja.
  • Soto Ayam Lamongan Cak Har Timoho: Jl. Timoho No. 7, Jogja.
  • Soto Ayam Lamongan Cak Har Gowongan: Jl. Gowongan Kidul No. 7, Jogja.

24. Gado-Gado Bu Dermi

Gado-gado Bu Dermi adalah salah satu varian gado-gado yang terkenal di Jogja. Gado-gado Bu Dermi memiliki cita rasa yang khas dengan menggunakan bumbu kacang yang lezat, beragam sayuran segar, dan ditambah dengan kerupuk sebagai pelengkapnya.

Gado-gado Bu Dermi begitu terkenal di Jogja karena memberikan sensasi gado-gado yang lezat dan menyegarkan. Bumbu kacang yang kaya rasa, sayuran segar yang renyah, serta kerupuk yang menambah tekstur yang kriuk membuat gado-gado Bu Dermi menjadi hidangan yang populer di Jogja.

Di mana bisa mencicipi gado-gado Bu Dermi yang enak di Jogja?

  • Gado-Gado Bu Dermi Magelang: Jl. Magelang KM 6, Jogja.
  • Gado-Gado Bu Dermi Prawirotaman: Jl. Prawirotaman No. 15, Jogja.
  • Gado-Gado Bu Dermi Kotagede: Jl. Kemasan No. 22, Jogja.

25. Es Krim Pak Tino

Es krim Pak Tino adalah salah satu merek es krim yang terkenal di Jogja. Es krim Pak Tino memiliki rasa yang lezat dengan berbagai varian seperti vanila, cokelat, stroberi, rujak, dan masih banyak lagi. Es krim ini menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi dan proses pembuatan yang terjamin.

Es krim Pak Tino sangat populer di Jogja karena memberikan rasa yang lezat, tekstur yang lembut, dan variasi rasa yang menggugah selera. Bahan-bahan berkualitas dan rasa autentik membuat es krim Pak Tino menjadi pilihan favorit untuk menyegarkan diri di tengah cuaca Jogja yang panas.

Di mana bisa menikmati es krim Pak Tino yang lezat di Jogja?

  • Es Krim Pak Tino Malioboro: Jl. Malioboro No. 37, Jogja.
  • Es Krim Pak Tino Kaliurang: Jl. Kaliurang No. 29, Jogja.
  • Es Krim Pak Tino Magelang: Jl. Magelang KM 6, Jogja.

Leave a Comment